Siapa sih yang gak mau kuliah di Amerika? Amerika Serikat sendiri adalah negara maju yang sudah gak perlu diragukan lagi kualitas sistem pendidikannya. Gak heran loh, biasanya negara ini dijadikan salah satu destinasi kuliah favorit di kalangan pelajar internasional, khususnya pelajar Indonesia.

Buat kamu yang memutuskan untuk kuliah di negeri Paman Sam, kamu harus cek dulu nih apa aja sih yang harus kamu persiapkan?

1. Persiapkan keuangan secara matang!

Kalau kamu berencana untuk kuliah di Amerika, kamu wajib untuk memiliki perencanaan keuangan yang matang dulu loh. Karena biaya kuliah di Amerika gak bisa dikatakan murah, namun harganya lumayan terjangkau untuk di beberapa universitas.

Nah, kalau perencanaan keuanganmu sudah matang, kamu bisa mewujudkan untuk lanjut kuliah di Amerika.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat estimasi untuk seluruh biaya pendidikan, dan langsung dilanjutkan dengan membuat anggaran keuangan lainnya secara akurat. Biasanya masalah yang ditemukan oleh para pelajar internasional adalah mengenai biaya akomodasi, dari tempat tinggal hingga biaya transportasi.

Yang penting adalah jangan putus asa ya untuk menabung terlebih dahulu agar bisa mewujudkan cita-cita untuk kuliah di Amerika!

2. Student loan

Apa kamu sudah mendengar tentang student loan? Ini sifatnya seperti pinjaman yang memang disediakan dari kampus atau instansi tertentu. Kamu bisa menggunakan student loan dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Biasanya untuk para pelajar internasional, kamu harus memiliki penjamin seorang warga negara Amerika sebagai calon penanggung jawabmu. Hal ini dilakukan supaya ada jaminan bahwa student loan itu akan dilunasi.

Biasanya student loan ini biasanya harus dibayarkan setelah kamu menyelesaikan program kuliah di Amerika. Ada jangka waktu tertentu untuk pelunasan, nah umumnya sih satu sampai dua tahun setelah kelulusan.

Cara pelunasan student loan pun juga bermacam2 loh sesuai sama syarata dan ketentuan yang berlaku. Kamu punya banyak cara untuk melunasi student loan loh misalnya aja dengan mengambil kerja part time di Amerika diluar jam kuliah.

3. Beasiswa ‘Hunter’

Kalau kamu memiliki keinginan untuk bisa melanjutkan kuliah di Amerika, kamu harus berperan menjadi beasiswa hunter loh! Kamu harus mencari berbagai beasiswa di waktu yang pas yang memang bisa kamu daftar agar kesempatanmu kuliah di Amerika bisa terbuka lebar nih.

Ada beberapa website yang mungkin bisa kamu cek terus nih untuk bisa mendapatkan beasiswa di untuk kuliah di Amerika, antara lain seperti LPDP ataupun beasiswa Fullbright.

4. Pelajari budaya di Amerika

Dimulai dari budaya dan iklim geografis yang sudah pasti terkenal beda banget dari Indonesia, ini akan menjadi suatu tantangan yang besar khususnya untuk kamu para pelajar Internasional.

Cara pertama adalah kamu harus mempelajari bahasa asing khususnya bahasa inggris, sering cari tau tentang tempat wisata, atau kebiasaan yang mungkin sering dilakukan di Amerika. Kamu bisa bergabung dengan komunitas yang memang fokus ke minat yang sama atau yang sama-sama ingin bergabung kuliah di Amerika. 

Untuk cara bersosialisasinya kamu juga gak perlu takut loh, karena suasana belajar cenderung santai dan informal.

Sebagai mahasiswa, kamu gak perlu malu untuk bertanya dan berpendapat karena gaya belajar di Amerika, kamu harus bisa mengutarakan pikiranmu dibandingkan kamu hanya menyerap apa saja yang harus disampaikan oleh dosen.

Nah, selain kamu harus mempersiapkan berbagai hal untuk bisa kuliah di Amerika, kamu juga harus cari tau loh apa jurusan yang tepat dan kampus yang tepat buat kamu.

Baca Juga : Alasan Universitas Di Belanda Jadi Favorit Pelajar

Ada beberapa perbedaan dari cara kamu kuliah di Amerika dan juga di Indonesia loh, misalnya seperti buku kuliah di Amerika biasanya terkenal sangat mahal, sehingga mahasiswa sering banget untuk menyewa ebooks, beli buku bekas, atau meminjam buku di perpustakaan.

Selain itu, kalo di Indonesia, mahasiswa lebih banyak diberikan pilihan untuk menggunakan buku dengan dibeli.

Yang kedua adalah cara berpakaiannya, kalau mahasiswa di Amerika biasanya lebih mementingkan kenyamanan saat belajar, jadi berpakaian mereka biasanya memakai baju-baju yang lebih santai untuk belajar di kampus.

Sedangkan kalo di Indonesia, biasanya ada mahasiswa di fakultas tertentu yang harus memakai baju sopan dan berkerah, dan gak semua mahasiswa di Indonesia diperbolehkan untuk memakai baju-baju yang seperti hoodie atau baju santai lainnya.

Nah yang ketiga adalah soal tempat tinggal mahasiswa, untuk masalah tempat tinggal sebenarnya gak terlalu jauh berbeda dengan di Indonesia. Biasanya kalo di kampus-kampus di Amerika mereka akan menyediakan dormitory atau asrama yang bisa mahasiswa gunakan selama satu tahun dulu di kampus.

Setelah itu, biasanya mahasiswa kebanyakan pindah ke satu apartemen bersama dengan beberapa teman-temannya.

Gak jauh berbeda dengan di Indonesia, ada beberapa kampus yang justru mewajibkan mahasiswanya untuk tinggal di dormitory atau asrama selama satu tahun, tapi ada juga yang langsung mencari tempat tinggal sendiri seperti apartemen atau kos-kosan semenjak tahun pertama masuk kuliah.

Yang terakhir adalah tentang ospek atau senioritas. Masalah senioritas sering banget kita lihat di berbagai kampus-kampus di Indonesia setiap tahunnya, dan gak jarang banyak yang bermasalah hingga sampai memakan korban.

Saat kuliah di Amerika, networking menjadi hal yang paling diutamakan. Biasanya mahasiswa di Amerika lebih mudah untuk membaur dengan para seniornya meskipun baru masuk kuliah, dan para seniornya akan senang banget untuk bisa membantu satu sama lain menemukan teman yang punya minat dan kesukaan yang sama.

Sedangkan kalau di Indonesia, kita memiliki kecenderungan untuk mengenal istilah senioritas. Mahasiswa di Indonesia biasanya akan membaur dengan para senior dan tahu bagaimana batasannya.

Dan yang pasti, kalau di mahasiswa di Indonesia, butuh waktu untuk bisa beradaptasi langsung berkumpul dengan para senior.

Yang pasti saat kamu sedang mempersiapkan diri untuk memulai kuliah di Amerika, kamu jangan lupa untuk mempersiapkan mental ya. Karena mental yang kamu miliki akan berdampak paling besar selama proses kehidupanmu di kuliah di Amerika.

Tapi, kamu gak akan pernah merasa kesepian karena di Amerika banyak banget loh komunitas para pelajar di Indonesia, bahkan banyak juga acara-acara yang dibuat oleh komunitas pelajar Indonesia di Amerika yang bisa kamu ikuti. Seru banget guys!

Buat kamu yang pengen cari tau kampus-kampus apa aja di Amerika yang bisa kamu daftar melalui instant approval goKampus? Kunjungi link berikut ini ya!

  1. Oregon State University
  2. Diablo Valley College
  3. Edmonds College

Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like