cara menjadi pintar
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Wajib Tau! 10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Prospek kerja administrasi bisnis – Para calon mahasiswa baru jurusan IPS pastinya sudah gak asing lagi nih sama jurusan administrasi bisnis kan? Bisa dibilang jurusan administrasi bisnis merupakan salah satu jurusan yang diincar para pelajar di Indonesia, apalagi jurusan administrasi bisnis sudah banyak tersedia di berbagai universitas-universitas di Indonesia.

Sama halnya dengan peluang dan prospek kerja administrasi bisnis yang masih sangat terbuka lebar dan beragam nih.

Nah, sebelum kita membahas tentang prospek kerja administrasi bisnis, kamu harus tau dulu nih kerjanya belajar apa aja sih sebenarnya jurusan administrasi bisnis? Program studi administrasi bisnis atau yang biasa disebut dengan administrasi niaga adalah program studi yang mempelajari segala sesuatu terkait dengan berbagai kegiatan operasional bisnis dan perusahaan.

Berbagai kegiatan yang dimaksud adalah seperti kegiatan pemasaran (marketing), pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), hingga kegiatan produksi. 

Di jurusan ini, kamu gak hanya belajar tentang menjalankan bisnis aja tapi kamu juga akan belajar untuk menciptakan sebuah produk sendiri guys. Bisnis yang dimaksud bukan cuman menjual kembali produk dan mengambil keuntungan, tetapi menciptakan value pada produk yang akan dipasarkan nanti. 

Administrasi bisnis pastinya juga mempelajari segala urusan terkait dengan mengelola sarana dan prasarana kantor, memproses data secara akurat, dan bahkan mengelola informasi yang berhubungan dengan pekerjaan kantor. Nah, setelah kamu udah paham tentang jurusan administrasi bisnis, yuk kita bahas tentang 10 prospek kerja administrasi bisnis di Indonesia!

1. Staf HRD

Prospek kerja administrasi bisnis yang pertama adalah menjadi seorang staf HRD (Human Resources Development). Divisi HRD adalah bagian dari perusahaan yang bergerak dan bertugas untuk merekrut sumber daya manusia (SDM) untuk kepentingan perusahaan. 

Selain bertugas dalam proses perekrutan, staf HRD juga bertugas untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan karyawan dan sumber daya manusia di perusahaan tersebut. Lulusan dari jurusan administrasi bisnis bisa berkesempatan bekerja sebagai staf HRD dengan jumlah gaji bervariasi mulai dari Rp 3.000.000.

2. Konsultan Bisnis

Prospek kerja administrasi bisnis yang kedua adalah menjadi seorang konsultan bisnis. Kamu memiliki kesempatan dan peluang yang besar banget loh bekerja menjadi konsultan bisnis di perusahaan.

Tugasmu adalah memberi saran, masukan, dan solusi yang nantinya akan digunakan oleh para pebisnis dan pemimpin perusahaan untuk membuat suatu keputusan bisnis. Saat ini profesi sebagai konsultan bisnis juga banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan pebisnis. Besarnya gaji yang bisa Kamu dapatkan sebagai konsultan bisnis bisa bervariasi mulai dari Rp 5.000.000.

3. Staf Pemasaran/marketing

Prospek kerja administrasi bisnis yang selanjutnya adalah bekerja di bidang pemasaran. Sebagai lulusan administrasi bisnis, kamu juga bisa menguasai ilmu marketing yang bisa jadi senjata kamu di perusahaan loh.

Kamu dianggap menjadi ujung tombak perusahaan yang akan memasarkan produk dan jasa yang akan mereka produksi ke masyarakat nih. Besaran gaji yang bisa Kamu terima akan bervariasi mulai dari 3 juta rupiah. Staf pemasaran biasanya juga akan mendapat bonus tambahan di luar gaji pokok jika berhasil mencapai target penjualan dari perusahaan tersebut.

4. Manajemen perusahaan

Prospek kerja administrasi bisnis yang selanjutnya adalah bekerja di manajemen perusahaan. Sebagai lulusan dari jurusan administrasi bisnis, ada banyak posisi di bidang manajemen perusahaan yang akan berkaitan dengan hal-hal manajerial dan administratif untuk kepentingan bisnis perusahaan tersebut. 

Besaran gaji yang didapat dari profesi ini juga bisa bervariasi mulai dari 5 juta rupiah dan bisa saja terus bertambah sesuai pengalaman Kamu dan juga kredibilitas perusahaan tempat kamu bekerja.

5. Dosen/Tenaga pengajar

Prospek kerja administrasi bisnis yang selanjutnya adalah kalau kamu tertarik dengan dunia pendidikan dan mau bekerja sebagai dosen atau tenaga pengajar. Jadi, setelah kamu lulus S1 di bidang administrasi bisnis, kamu harus melanjutkan kuliah ke S2 dulu.

Nah, setelah menyelesaikan program magister di bidang ini, kamu juga bisa langsung bekerja sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi yang membuka jurusan administrasi bisnis. Gaji seorang dosen juga sangat bervariasi tergantung pada pengalaman Kamu. Dosen juga bisa memiliki status sebagai pegawai negeri sipil atau PNS.

Baca Juga: 12 Jurusan IPS Yang Sepi Peminat Tapi Menjanjikan

6. Pebisnis

Sebagai lulusan dari jurusan administrasi bisnis, kamu tentu memiliki bekal pengetahuan serta wawasan dan ilmu yang cukup untuk terjun di dunia bisnis. Selain bekerja di perusahaan, Kamu bisa menggunakan bisnis ilmu tersebut untuk mulai membangun bisnis kamu sendiri. Besarnya penghasilan seorang pebisnis tentunya akan sangat beragam dan bisa mencapai angka yang sangat tinggi jika bisnis yang Kamu jalankan berjalan sukses.

7. Staf Administrasi

Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis, tentu Kamu memiliki ilmu administrasi yang cukup sehingga Kamu berpeluang besar untuk bekerja sebagai staf administrasi di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang apapun, karena setiap perusahaan akan membutuhkan tenaga staf administrasi.

Besaran gaji yang bisa Kamu dapatkan dari profesi staf administrasi adalah mulai dari 3 juta rupiah dan bisa terus meningkat sesuai dengan pengalaman yang Kamu miliki.

8. Pegawai Negeri Sipil

Prospek kerja administrasi bisnis adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di pemerintahan. Kamu bisa mendaftar sebagai pegawai negeri sipil setelah menyelesaikan pendidikan sarjana Kamu di jurusan administrasi bisnis. Sebagai pegawai negeri sipil, Kamu juga akan mendapatkan gaji yang stabil dan bisa terus meningkat ditambah berbagai tunjangan PNS lainnya.

9. Guru atau tenaga pegajar

Prospek kerja administrasi bisnis yang selanjutnya adalah menjadi seorang guru. Sebagai mahasiswa lulusan administrasi bisnis, kamu memiliki banyak banget kesempatan untuk menjadi seorang guru nih apalagi kalau kamu memiliki ketertarikan yang lebih di dalam dunia pendidikan.

Kamu bisa menjadi seorang guru di sekolah khusus yang membuka jurusan akuntansi atau administrasi. Gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang guru bisa dimulai dari Rp 3 juta, belum ditambah dengan berbagai tunjangan yang mendukung lainnya.

10. Pegawai Bank

Prospek kerja administrasi bisnis yang terakhir adalah menjadi seorang pegawai bank. Tentunya akan ada banyak posisi di perusahaan perbankan yang memang membutuhkan karyawan dari lulusan administrasi bisnis.

Gaji yang akan kamu dapatkan sebagai pegawai bank juga bisa mencapai angka yang besar, mulai dari Rp 5 juta rupiah hingga mencapai belasan juta rupiah.

10 prospek kerja administrasi bisnis sudah dijabarkan nih, apa kamu tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut? Kamu bisa banget untuk mengunjungi halaman ini ya.  Tentunya kamu bisa mencari tau tentang jurusan administrasi bisnis yang ada di President University di Jakarta ya.

Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *