Buat kamu para calon mahasiswa yang pengen banget untuk bisa masuk ke jurusan yang umum dan dibutuhkan banyak orang, jurusan Bahasa Inggris adalah jawabannya! Seperti yang kamu tau, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional di Dunia. Jadi. kalau kamu tertarik untuk Bahasa Inggris, kamu bisa banget untuk memilih jurusan Bahasa Inggris!

Jurusan Bahasa Inggris atau yang biasa dikenal dengan sastra Inggris adalah bidang ilmu yang mempelajari Bahasa Inggris dari sisi sastra secara mendalam. Jadi kalau kamu masuk ke jurusan Bahasa Inggris nantinya kamu akan banyak melakukan kajian mendalam di berbagai karya seperti puisi, prosa, novel drama, maupun film. 

Selain itu, kamu juga akan banyak membahas tentang kebudayaan negara-negara dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa dasarnya atau bahasa ibu.

Sebagai calon mahasiswa baru jurusan Bahasa Inggris pastinya ada beberapa kemampuan dan keahlian yang wajib kamu miliki loh, apa aja ya itu? Yuk simak!

  1. Kemampuan komunikasi lisan
  2. Kemampuan komunikasi tertulis
  3. Kemampuan membaca dan memahami tulisan
  4. Kemampuan berpikir terstruktur
  5. Kemampuan melakukan analisis
  6. Keterampilan interpersonal

Untuk kamu yang masih bingung dimana sih kampus yang cocok di Jakarta untuk mendalami jurusan Bahasa Inggris, kamu bisa coba untuk daftar ke Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pelita Harapan Jakarta (UPH) Jakarta nih guys. Program Pendidikan Bahasa Inggris dari UPH membekali semua mahasiswa untuk memiliki dasar-dasar kurikulum yang sangat komprehensif.

Kurikulum program Pendidikan Bahasa Inggris di UPH akan berfokus pada Sastra Inggris, Linguistik Inggris, Teknologi informasi, serta berbagai landasan bahasa. Tentunya selain kamu hanya belajar Bahasa Inggris, kamu juga akan dibekali oleh program wajib magang di semester 7 yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa.

Program Pendidikan Bahasa Inggris di UPH bertujuan untuk menghasilkan guru Bahasa Inggris yang kompeten untuk mengajar Bahasa Inggris dalam konteks budaya Indonesia, serta memiliki pemahaman yang baik dan dilengkapi dengan wawasan yang luas.

Berbagai mahasiswa lulusan pendidikan Bahasa Inggris di UPH akan dibekali dengan berbagai kemampuan dan skill yang kompeten dan terampil serta memenuhi standar internasional.

Berbagai mata kuliah yang kamu akan kamu dapat selama jurusan Bahasa Inggris antara lain adalah mata kuliah Bahasa Inggris, mata kuliah Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris, mata kuliah Sintaksis Bahasa Inggris, mata kuliah Semantik Bahasa Inggris, mata kuliah Kritik Sastra Inggris, dan mata kuliah lainnya akan membahas tentang peristiwa-peristiwa di luar negeri dan kamu akan diminta untuk mengkaji hal tersebut.

instan approval 1jam diterima
instan approval 1jam diterima

Selain itu, mata kuliah yang bisa kamu temui antara lain seperti Speaking, Writing, Reading, Listening Comprehension, Structure, English Morphology, English Language Teaching Assessment, dan lain-lainnya.

Untuk menambah kemampuan, kamu juga bisa mengambil kursus singkat di luar negeri misalnya program kamu mengambil program TESOL (pengajaran Bahasa Inggris untuk penutur bahasa lain), TEFL (Pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), ataupun TESL (pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua).

Tentunya program ini akan sangat menunjang karirmu nanti kalau kamu ingin berkecimpung di dunia pendidikan. Nah, selain itu, kamu juga bisa mengambil program lain.

Baca Juga: Belajar Jurusan Bioteknologi Yang AntiMainstream

Selain kamu mendapatkan pengertian dan pemahaman tentang bahasa inggris, sebagai lulusan dari jurusan Bahasa Inggris, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat lainnya loh. Apa aja ya?

1. Kerja apa aja bisa!

Lulusan sastra Inggris memiliki peluang kerja yang luas banget. Kamu bisa kerja apa aja di bidang yang kamu mau. Kamu bisa bekerja mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, sampai lembaga internasional loh! Kamu juga bisa kerja di industri media juga misalnya sebagai jurnalis, atau presenter berita.

2. Belajar jadi guru meskipun masih mahasiswa!

Meskipun kamu masih jadi mahasiswa jurusan bahasa inggris, kamu juga bisa merintis karir sejak kuliah dan tentunya kamu juga bisa mendapatkan keuntungan finansial. Kamu bisa membuka kursus bahasa inggris untuk siswa SD, SMP, bahkan SMA.

Buat kamu yang mungkin suka travelling, kamu juga bisa jadi pemandu wisata untuk orang-orang atau turis asing loh. Lumayan banget kan untuk bisa dapat uang jajan tambahan.

3. Wawasanmu bisa jadi luas banget!

Selain kamu bisa memiliki pemahaman yang baik tentang sastra inggris, kamu juga bisa memiliki wawasan yang luas tentang budaya, ekonomi, politik, dan berbagai sejarah dari negara asing lainnya. Jadi, peluang karir bisa menantimu banget nih!

Gimana nih menurutmu tentang program jurusan Bahasa Inggris khususnya di Universitas Pelita Harapan? Pastinya sudah terjamin banget ya guys dari segi fasilitas hingga prospek kerjanya!

Buat kamu yang pengen cari tau lebih lanjut mengenai jurusan Bahasa Inggris di UPH, kunjungi halaman ini ya!

Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like