pelajaran bahasa indonesia
Daftar Kuliah goKampus Tips Mahasiswa

Lengkap! Cari Tau Tentang Jurusan Bisnis Yuk

Peluang dan prospek kerja jurusan bisnis semakin terbuka lebar di Indonesia loh guys! Jadi gak heran nih kalau setiap tahunnya peminat jurusan bisnis di perkuliahan juga semakin membludak. Ada yang mengatakan bahwa lulusan manajemen bisnis mudah dapat kerja, dicari-cari oleh semua industri, dan dibutuhkan semua perusahaan. Anggapan tersebut bisa dibilang benar. Hampir semua industri memang membutuhkan seseorang yang ahli di bidang manajemen dan bisnis.

Pernah denger ga omongan kalo jurusan bisnis itu adalah ajang dimana anak-anak akan fokus ke hitung-hitungannya, atau “ah kuliah di jurusan bisnis mah ujung-ujungnya hanya akan kerja di bank aja”?

Eitss… gak gitu loh ya! Justru saat kamu kuliah di jurusan bisnis, kamu akan bicara dan mendalami banyak hal-hal penting yang terdiri dari hitungan maupun hafalan.

Tapi, memilih jurusan kuliah juga gak boleh hanya berdasarkan jurusan mana yang populer dan prospek kerja yang bagus loh, sehingga kamu sebagai calon mahasiswa baru harus paham dulu nih apa sih yang akan dipelajari di jurusan bisnis.

Jurusan bisnis merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana melakukan pemasaran produk, pembukuan dan pengelolaan keuangan serta hal-hal terkait keberlanjutan dari suatu usaha. Bidang ini membantu memahami kebutuhan pelanggan dan memasarkannya.

Ada beberapa kemampuan yang harus kamu miliki nih seperti Kemampuan manajerial, kemampuan komunikasi, kemampuan negosiasi, kemampuan melakukan observasi, kemampuan melakukan analisis,dan kemampuan meneliti.

goKampus akan kasih tau 5 prospek kerja jurusan bisnis yang bisa jadi referensi kamu nih. Simak yuk!

1. Business Development

Prospek kerja jurusan bisnis yang pertama adalah menjadi salah satu business development (BD). business development adalah sebuah proses menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, dan juga relasi bisnis. 

Dengan kata lain, seseorang yang bekerja di bidang business development bertanggung jawab untuk menciptakan strategi agar pelanggan, pasar, dan relasi bisnis bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk berkembang.

Beberapa tanggung jawab business development antara lain: melakukan riset pasar, mencari peluang pelanggan baru dan menjaga relasi antar pelanggan atau klien, menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan, melakukan riset perkembangan bisnis secara berkala, serta memahami produk dari perusahaan, kompetitor, dan posisi bisnis di dalam pasar.

2. Entrepreneur

Prospek kerja jurusan bisnis yang kedua adalah menjadi seorang entrepreneur. Siapa pun memang bisa menjadi seorang entrepreneur. Namun, jika kamu merupakan lulusan manajemen bisnis, prospek kerja yang satu ini sangat cocok untukmu.

Kamu tentu sudah memiliki bekal ilmu tentang manajemen, bisnis, marketing, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan entrepreneurship. Oleh karena itu, kamu bisa langsung menerapkannya dalam pekerjaanmu.

3. Marketing Executive

Biasanya, marketing menjadi salah satu konsentrasi atau penjurusan di dalam fakultas manajemen dan bisnis. Namun, walaupun tidak mengambil konsentrasi ini, kamu tentu mempelajari dasar-dasar marketing selama kuliah bisnis.

Salah satu prospek kerja manajemen bisnis yang fokus di bidang pemasaran adalah marketing executive. Profesi ini bisa disebut sebagai induk dari semua kegiatan marketing perusahaan. 

Lantas, apa yang membedakannya dari profesi-profesi lain di bidang marketing? Marketing executive berfokus untuk memaksimalkan keuntungan dari strategi pemasaran yang ia jalankan. Nantinya, kegiatan atau strategi itu dijalankan oleh bagian marketing lainnya, seperti content marketing, digital marketing, dan social media marketing.

4. Risk Manager

Prospek kerja jurusan bisnis selanjutnya adalah menjadi seorang risk manager. Setiap keputusan perusahaan tentu memiliki resiko, baik risiko keuangan, keselamatan, maupun keamanan. Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, perusahaan membutuhkan seseorang yang ahli di bidang risk management atau manajemen risiko. Risk manager adalah seseorang yang menyiapkan rencana dan tindakan untuk mengurangi faktor risiko.

5. Project Manager

Prospek kerja jurusan bisnis yang selanjutnya adalah menjadi seorang project manager.  Seorang project manager bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian, dan penyelesaian proyek.

Baca Juga: Bingung Belajar Apa? Intip Mata Kuliah Manajemen

Nah, kalau kamu bingung mau ambil jurusan bisnis di kampus mana, goKampus ada rekomendasi tiga kampus swasta terbaik di Indonesia. Apa aja ya?

1. Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta

Universitas di Jakarta versi goKampus yang kedua adalah UPH Group! Siapa sih yang gak kenal sama kampus swasta yang ini? Universitas Pelita Harapan atau yang biasa disebut sebagai UPH merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta bahkan se-Indonesia loh guys.

Selain terkenal oke dan berkualitas banget di bidang akademik dan non-akademiknya, kamu juga akan mendapatkan banyak koneksi di kampus ini karena kampus UPH juga menjalin berbagai kerjasama dengan perusahaan untuk membantu kamu mempersiapkan diri untuk berkarir setelah lulus kuliah.

Yang gak kalah seru adalah di UPH gak ada masa orientasi mahasiswa, meskipun masa-masa ospek bisa menjadi kesan sendiri bagi mahasiswa, tapi di UPH ospeknya diganti dengan acara yang lebih edukatif dan informatif dibandingkan dengan perpeloncoan. Kamu bisa kunjungi halaman ini buat cari tau informasi tentang UPH ya!

2. Universitas Tarumanagara (UNTAR) Jakarta

Universitas swasta terbaik di Jakarta nomor tiga adalah Universitas Tarumanagara atau yang biasa disebut dengan Untar Jakarta. Ada beberapa alasan utama loh kenapa Untar menjadi sorotan oleh calon mahasiswa baru di Jakarta antara lain adalah; yang pertama adalah seluruh fasilitas dan fakultas yang ada di Untar sudah mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT sehingga semua fasilitas sudah memadai untuk menunjang proses pembelajaranmu.

Yang kedua adalah Untar juga memiliki 8 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, dan Fakultas Ilmu Komunikasi. Selain itu, UNTAR juga memiliki tiga program sarjana loh dari gelar S1, Gelar Magister, dan Gelar Doktor. Mana nih fakultas yang jadi incaran kamu?

Alasan ketiga kenapa Untar bisa menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta karena Untar juga memiliki lulusan-lulusan yang gak kalah keren dan bergengsi loh! Beberapa lulusan diantaranya adalah menghiasi dunia hiburan tanah air seperti Astrid Tiar, Billy Davidson, hingga pemain bulutangkis kebanggaan Indonesia yaitu Taufik Hidayat.

3. PPM School of Management

Universitas di Jakarta terbaik yang keempat adalah PPM School of Management. PPM School of Management memiliki berbagai program unggulan khususnya di bidang bisnis, manajemen, dan entrepreneurship.

Sebagai salah satu institusi pendidikan yang memiliki program manajemen unggulan di Indonesia, PPM School of Management terus meningkatkan kualitas kampus melalui program-program yang berkualitas! PPM School of Management juga merupakan salah satu sekolah tinggi terbaik dari 2.510 sekolah tinggi di Indonesia dengan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan akreditasi internasional ABEST21.

Untuk proses pembelajarannya pun juga gak kalah seru nih guys.. business incubator ini sengaja didesain oleh PPM School of Management seperti laboratorium untuk mahasiswa melakukan simulasi dan mempraktekkan seluruh ilmu manajemen bisnis yang sudah mereka pelajari sebelumnya.

Proses mata kuliah Entrepreneurship Business Incubator Activity ini dijalankan oleh mahasiswa dalam waktu tiga bulan.. Selama tiga bulan mahasiswa akan diminta untuk membuka usaha dan bisnis sendiri dengan didampingi oleh mentor. Nah, setiap bulannya mentor kamu akan melakukan evaluasi dan memberikan masukan tentang bisnis yang sudah kamu jalankan. 

Para mahasiswa kampus ini juga gak akan dilepas gitu aja, mereka akan mendapatkan pendampingan langsung dari mentor-mentor bisnis yang akan memberikan mereka evaluasi dari praktek bisnis yang mereka jalankan.

Nah, program ini memang dikhususkan untuk melatih mahasiswa dalam keahlian manajemen dan etika bisnis secara luas di dunia kerja nantinya. Kunjungi halaman ini yuk untuk cari informasi tentang PPM.

Gimana menurutmu mengenai jurusan bisnis di Indonesia? Tertarik untuk mencoba? Kamu bisa klik halaman ini ya untuk cari informasi lebih lanjut. Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *