Kepoin Fakultas Ilmu Komunikasi dan Mata Kuliahnya – Setuju gak sih kalo di setiap status hubungan kita pasti gak bisa lepas dari yang namanya komunikasi? Contohnya saja ya seperti kamu sedang mengirim chat atau pesan singkat ke gebetan, itu merupakan salah satu bagian dari komunikasi juga. Atau kamu memulai sebuah perbincangan melalui telepon, semuanya adalah bagian dari komunikasi loh. Atau kalau kamu saat di mobil sering banget denger penyiar radio?

Nah, kegiatan yang dilakukan oleh penyiar radio itu juga adalah sebuah bentuk komunikasi satu arah, dimana si penyiar memberikan berbagai informasi kepada siapapun para pendengarnya. Menarik banget kan? Sekarang pertanyaannya, ada gak sih fakultas yang kita bisa fokus untuk belajar semua tentang ilmu komunikasi?

Jawabannya sudah pasti ada dong! Namanya adalah Fakultas Ilmu Komunikasi. Di Jakarta, Kini jurusan ini menjadi salah salah satu program terfavorit bagi para pelajar di seluruh Indonesia loh. Bahkan gak hanya di Jakarta aja, tapi di seluruh Indonesia. Hampir di seluruh kampus di Indonesia sudah menyediakan Fakultas Ilmu Komunikasi yang pastinya dengan akreditas yang berbeda-beda.

Ya anggapannya Fakultas Ilmu Komunikasi ini bisa jadi primadona lah bagi seluruh pelajar di Indonesia, apalagi di Universitas Pelita Harapan (UPH) Wah.. kalo di kampus UPH sudah pasti deh para mahasiswa dari fakultas Ilmu Komunikasi terkenal paling oke!

Fakultas Ilmu Komunikasi UPH juga menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan pengetahuan secara efektif, profesional dan beretika untuk menciptakan jaringan komunikasi yang interaktif. Nah, gak cuman itu loh tapi lulusan-lulusan dari fakultas Ilmu Komunikasi UPH juga harus menunjukkan kemampuan meneliti secara efektif dan beretika di bidang komunikasi, dan menyebarluaskan hasil penelitian yang berguna bagi kepentingan masyarakat.

Lulusan-lulusan UPH juga diharapkan mampu melakukan pengembangan ilmu yang baik secara kontekstual maupun teoritis di bidang komunikasi.

Kira-kira apa aja sih yang harus kita pelajari dari fakultas Ilmu Komunikasi? Nah, fakultas Ilmu Komunikasi merupakan sebuah bidang/program studi yang mempelajari komunikasi di berbagai tingkatan, bisa dimulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni. Ilmu Komunikasi juga berhubungan erat dengan masalah fundamental dan dasar-dasar dari hubungan antar manusia dan kehidupan sosial.

Nah, fakultas Ilmu Komunikasi UPH memiliki program yang membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan dan keahlian dalam berbagai penerapan komunikasi. Selain itu, mahasiswa di fakultas Ilmu Komunikasi juga harus belajar bagaimana cara menganalisis sebuah informasi dan menerapkan berbagai komunikasi yang efektif.

Tapi, banyak banget loh yang suka salah nangkap jurusan Ilmu Komunikasi adalah orang-orang yang suka banget “ngomong”, wah.. Jadinya semua orang yang suka ngomong doang dong yang bisa masuk ke jurusan ilmu komunikasi? Salah besar!

Baca Juga : Cari Tahu Tentang Jurusan Akuntansi Sekarang!

Mahasiswa di fakultas Ilmu Komunikasi bukan hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang jago ngomong aja loh, karena seluruh kegiatan dan proses pembelajarannya pun juga gak hanya tentang obrolan aja.

Tapi, kamu akan belajar bagaimana sih caranya menyampaikan sebuah pesan dalam berbagai medium apa aja, jadi misalnya nih, selain kamu bisa menyampaikan informasi melalui presentasi, tapi kamu juga harus bisa menyampaikan pesan melalui tulisan, film, foto, dan desain. Nah loh.. Gimana ya? Kita bahas lebih lanjut yuk apa aja yang akan kamu pelajari di jurusan Ilmu Komunikasi, ini dia!

1. Dari komunikasi interpersonal sampai komunikasi antar budaya!

Biasanya waktu kamu kuliah selama 8 semester atau empat tahun di fakultas Ilmu Komunikasi, kamu akan mempelajari segala bentuk komunikasi. Misalnya nih dari komunikasi personal, komunikasi publik, komunikasi organisasi, dan komunikasi antar budaya. Biasanya di setiap mata kuliah ini, kamu akan diminta untuk kerja kelompok dan melakukan presentasi tentang masing-masing topik perkuliahan.

Kalau mata kuliah komunikasi interpersonal, kamu akan belajar secara mendalam bagaimana sih caranya kamu sebenarnya bisa berkomunikasi dengan diri sendiri dengan tujuan untuk pengembangan pribadi loh, kamu akan diajarkan bagaimana caranya kamu mengenali dirimu sendiri, dimulai dari paham tentang keahlianmu, atau kamu bisa kenal dengan pribadimu saat kamu lagi sedih apa yang harus kamu lakukan, dan kalau kamu lagi senang, hal-hal apa saja yang membuat kamu senang. Jadi seru banget deh kita belajar gimana caranya kenal dengan diri sendiri.

2. Komunikasi dengan media-media!

Perkuliahan di Ilmu Komunikasi ini juga akan mengasah kemampuan kamu berpikir secara out of the box loh! Sehingga, kamu gak jarang nih untuk menyalurkan dan mendapatkan berbagai ide yang cemerlang dan kreatif yang kadang-kadang gak sempat terpikirkan oleh orang lain. Inilah salah satu kelebihan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi, secara gak langsung, kamu akan terbiasa untuk ngobrol dan berdiskusi dengan orang banyak.

Nah, apa sih yang dimaksud dengan praktek yang berhubungan  dengan media? Di fakultas Ilmu Komunikasi, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan media (televisi, radio, majalah/koran, online), seperti kajian media, reportase berita atau penyiaran, penulisan berita, bahkan program kreatif radio. Nah, gak jarang juga loh kamu akan terlibat di berbagai jenis produksi,entah itu produksi film, produksi iklan, atau mungkin produksi berbagai event.

3. Siap-siap jadi pemimpin!

Salah satu hal yang akan kamu latih selama belajar di jurusan ini adalah kamu akan dilatih untuk menjadi pemimpin, karena kamu akan banyak mengerjakan berbagai tugas secara berkelompok, dan bisa jadi kamu akan dipilih untuk memimpin sebuah kelompok, dimulai dari sebelum produksi, saat produksi, dan setelah produksi. Selain itu, mahasiswa dari fakultas Ilmu Komunikasi juga selalu disebut bisa up-to-date.

Selain kamu mencari tau apa yang bisa kamu pelajari di jurusan Ilmu Komunikasi, kamu juga butuh tau kira-kira kemampuan dan keahlian apa aja sih yang akan kamu miliki sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, yang pertama adalah kamu akan mendapatkan kemampuan untuk bicara di depan umum, kemampuan dasar fotografi, kemampuan berpikir secara efektif, dan kemampuan untuk memecahkan masalah secara cepat dan benar.

Nah, jurusan Ilmu Komunikasi di UPH juga menghasilkan berbagai lulusan-lulusan bergengsi yang sudah berkarir di bidang yang profesional loh. Banyak banget mahasiswa-mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi yang berkarir di berbagai bidang, emangnya kalo jurusan Ilmu Komunikasi prospek kerjanya bisa jadi apa aja sih?

Nah, selain kamu bisa menjadi seorang jurnalis atau public relations, kamu bisa masuk dan bekerja di dunia advertising, marketing, maupun broadcasting. Kamu juga bisa bekerja di berbagai jenis perusahaan, agensi, media, maupun, instansi pemerintah. Keren banget kan? Sudah pasti kamu gak perlu takut deh masuk ke jurusan ini karena banyak banget berbagai hal yang bisa kamu eksplor lebih lanjut!

Gimana? Seru banget kan penjelasan fakultas Ilmu Komunikasi di UPH? Yuk, klik halaman fakultas Ilmu Komunikasi UPH untuk mencari informasi lebih lanjut. Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like