Buat kamu calon mahasiswa yang pengen masuk dan lolos di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), ada banyak cara loh untuk bisa daftarkan diri ke kampus negeri yang kamu inginkan! Mulai dari jalur undangan atau yang biasa dikenal dengan SNMPTN, ikut pendaftaran jalur tes atau yang familiar banget dengan nama SBMPTN, jalur mandiri, dan jalur beasiswa.

Pada akhir tahun 2020, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal kegiatan dan ketentuan mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Buat kamu yang penasaran jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), idealnya jalur masuk PTN 2021 sendiri terbagi menjadi 3 jenis seleksi yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), serta Seleksi Mandiri PTN.

UTBK-SBMPTN 2021 terbuka untuk semua calon mahasiswa termasuk siswa yang mungkin gak lolos SNMPTN 2021. Untuk SBMPTN ini dilakukan berdasarkan hasil UTBK serta kriteria lain yang disepakati oleh PTN. Berikut ini adalah jadwal, ketentuan, materi, hingga biaya pendaftaran SBMPTN 2021.

Jadwal SBMPTN 2021
DaftarTanggal 
Registrasi Akun LTMPT7 Februari – 12 Maret 2021
Pendaftaran UTBK dan SBMPTN15 Maret – 1 April 2021
Pelaksanaan UTBK (2 Gelombang)Gelombang 112 April – 18 April 2021
Gelombang 226 April – 2 Mei 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN14 Juni 2021 @15.00 WIB

A. Ketentuan Persyaratan Peserta UTBK 2021

  1. Peserta wajib memiliki akun LTMPT
  2. Terdaftar sebagai siswa SMA/MA/MK Kelas 12 pada tahun 2021 atau merupakan peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021)
  3. Peserta merupakan lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun.
  4. Persyaratan peserta ujian: peserta yang akan memilih prodi Saintek, maka mengikuti TPS dan TKA Saintek. Peserta yang memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Peserta yang memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.
  5. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2021.
  6. Peserta harus membayar biaya UTBK 2021.

B. Ketentuan Persyaratan Peserta SBMPTN 2021

  1. Peserta merupakan siswa SMA/MA/SMK sederajat lulusan tahun 2019/2020 harus sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  2. Peserta mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021.
  3. Peserta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  4. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio
instan approval 1jam diterima
instan approval 1jam diterima

Untuk materi UTBK 2021 terbagi menjadi dua yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS mengukur tentang kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal khususnya untuk pendidikan tinggi.

Dalam TPS nanti yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan, dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.

Baca Juga: Cek Berbagai Syarat Pendaftaran SNMPTN 2021

Sebagian soal akan disajikan ke dalam Bahasa Inggris, sementara untuk TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang yang berhasil menempuh pendidikan tinggi.

Kalau nantinya kamu membuka pengumuman SBMPTN dan ternyata kamu dinyatakan gagal, tenang saja! Ada banyak jalur loh untuk kamu tetap bisa ke universitas swasta yang kamu inginkan dengan menggunakan aplikasi goKampus. Yuk cek universitas swasta terbaik menurut versi goKampus.

1. President University

President University merupakan salah satu universitas di Indonesia yang terkenal dengan banyak anak-anak internasionalnya loh karena 100% menggunakan bahasa Inggris selama proses pembelajaran. 

Mahasiswa PresUniv banyak juga menerima mahasiswa dari luar negeri seperti China, Vietnam, Korea, dan lain-lainnya jadi bakal seru banget interaksi kamu bersama teman-teman kampus.

Selain itu, PresUniv juga memiliki program Double Degree karena kurikulum yang digunakan adalah standar internasional, sehingga kalau kamu menjadi lulusan mahasiswa PresUniv, kamu bisa memilih gelar sarjana atau Bachelor seperti lulusan luar negeri. Kunjungi halaman ini yuk!

2. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Kampus UPH memiliki tiga kampus yang berada di Jakarta, Medan, dan Surabaya, dan di ketiga kota ini, kampus UPH paling diminati oleh para pelajar! Kampus UPH juga menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk membantu kamu berkonsultasi soal karir di masa depan. 

Jadi selain kamu fokus untuk belajar, kamu juga akan difokuskan untuk mencari koneksi nantinya. Selain akademik, kegiatan non-akademiknya juga gak kalah nih, berbagai fasilitas olahraga di UPH bisa dikatakan terbaik untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Cek halaman ini buat cari tau informasi tentang UPH ya!

3. Universitas Tarumanagara (Untar)

Universitas Tarumanagara (Untar) bisa jadi salah satu pilihan utamamu nih! Ada alasan kenapa kamu harus memilih Untar sebagai jalur kedua kalau kamu gagal di SBMPTN. Yang pertama adalah Untar termasuk tiga besar universitas swasta terbaik di Jakarta loh, Universitas Tarumanagara mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Yang kedua Untar memiliki 8 fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas teknik, fakultas teknologi informasi, fakultas kedokteran, fakultas psikologi, fakultas seni rupa dan desain, dan fakultas ilmu komunikasi. Kunjungi halaman ini untuk cari tau lebih lanjut ya!

4. Universitas Surabaya (Ubaya)

Ubaya memiliki kualitas akreditasi A dan kredibilitas yang tinggi dalam pembelajarannya. Selain itu, Ubaya juga memiliki banyak fakultas yang bisa jadi pilihan buat para pelajar di Indonesia, bahkan jenjang pendidikannya dari S1-S3 ada loh di Ubaya.

Ubaya juga memiliki fasilitas kampus yang mendukung dan menunjang pembelajaran mahasiswanya. Ubaya memiliki tiga kampus yang memang dilengkapi dengan fasilitas keren yang berguna sesuai fungsinya, misalnya saja kampus tiga Ubaya yang ada d daerah Trawas juga dipusatkan sebagai sarana belajar outdoor.

Ubaya juga memiliki program belajar reguler dan internasional, kamu bisa berkesempatan untuk ikut program Study Abroad Programme, Double Degree Program, penelitian bersama, penulisan jurnal internasional, studi banding, dan lain-lainnya. Cari tau tentang Ubaya di halaman ini ya!

5. London School of Public Relations (LSPR)

LSPR merupakan perguruan tinggi komunikasi terbaik di Indonesia, kiprah LSPR di bidang komunikasi gak perlu kamu ragukan lagi karena LSPR juga mendapatkan banyak penghargaan di sebagai best of the best Indonesia School of Communication sejak 2014 dan 2015.

LSPR juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Coventry University (UK), European Business School (Germany), Hotel Institute Montreux (Switzerland), Sogang University (South Korea dan masih banyak lagi!

LSPR memiliki pilihan bidang studi yang prospektif dimana selain menawarkan program ilmu komunikasi, LSPR juga terkenal dengan program studi di fakultas bisnisnya yang memang menghasilkan berbagai lulusan yang siap berkarir di bidang entrepreneurship. Kunjungi halaman ini yuk untuk cari informasi mengenai LSPR!

Klik halaman ini untuk cek informasi mengenai pendaftaran SBMPTN dan kampus-kampus yang bisa kamu daftarkan melalui aplikasi goKampus. 

Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like