Seiring dengan perkembangan teknologi, jurusan Teknik Informatika pasti sudah gak asing lagi dong buat kamu. Bahkan, jurusan Teknik Informatika menjadi jurusan terketat di prodi Sains dan Teknologi (Saintek) di SNMPTN 2020 loh! Memangnya apa saja sih yang dipelajari di jurusan Teknik Informatika? Kenapa banyak yang minat ya? goKampus akan mengupas tuntas semua yang kamu tanyain tentang prospek kerja teknik informatikaKepoin yuk!

1. Apa itu jurusan Teknik Informatika?

Teknik Informatika adalah ilmu yang menggabungkan serta mempelajari prinsip terkait dengan teknologi komputer dan matematika yang kemudian diterapkan untuk pembuatan, pengembangan, dan pengujian untuk perangkat lunak atau software, aplikasi, sistem operasi dan kerja komputer. Kurang lebih selama kamu kuliah nantinya akan belajar dari pembuatan aplikasi hingga pengujiannya. Buat kamu yang punya ketertarikan di bidang teknologi, jurusan ini cocok banget buat kamu!

2. Teknik Informatika belajar apa aja sih?

Setiap harinya kamu akan belajar algoritma, coding, pemrograman, sistem jaringan, kriptografi, dan lain-lain. Nah, diharapkan sih buat kamu semua nih yang pengen ambil jurusan teknik informatika, setidaknya kamu menyukai dan memahami logika serta matematika sebagai dasar pembelajarannya. Kedengarannya memang rumit tapi semua akan diajarkan dari awal kok!

3. Nanti bisa kerja jadi apa?

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika banyak banget loh! Kamu punya kesempatan besar untuk bisa kerja di startup, perusahaan BUMN atau swasta, atau instansi pemerintah. Yang familiar adalah menjadi software engineer dimana kamu akan bekerja untuk merancang, mengelola, hingga mengevaluasi software atau sistem komputer secara menyeluruh. Beberapa di antaranya adalah:

●     Software Engineer

Prospek kerja Teknik Informatika yang pertama adalah sebagai seorang software engineer, kamu bekerja untuk merancang, mengelola, menguji, dan mengevaluasi software atau sistem komputer secara menyeluruh.

●     Software Developer

Prospek kerja Teknik Informatika yang kedua adalah menjadi Software Developer. Dimana Software developer menjalankan rancangan yang dibuat oleh software engineer. Berbeda dengan software engineer yang mengerjakan sistem secara keseluruhan, software developer berfokus pada pengembangan satu bagian dari sistem komputer.

●     Data Scientist

Prospek kerja Teknik Informatika selanjutnya adalah menjadi Data Scientist yang tugasnya adalah menganalisa data dengan menggunakan statistika dan algoritma. Data diolah dengan menggunakan teknik pemrograman untuk “menerjemahkan” bentuk data yang rumit menjadi bahasa yang mudah dipahami.

●     Konsultan IT

Lulusan Teknik Informatika bisa juga jadi Konsultan IT, di mana kamu bisa jadi perantara antara pelaku usaha dan teknisi teknologi. Konsultan IT bekerja untuk memberi saran, membuat perencanaan atau rancangan dan memasang sistem IT untuk klien.

Baca Juga: Prospek Kerja Teknik Industri Yang Wajib Kamu Ketahui!

Nah, buat kamu yang sudah membayangkan mau masuk ke jurusan Teknik Informatika, tapi belum menemukan kampus yang tepat? Jangan khawatir! goKampus akan kasih tau kamu lima kampus swasta pilihan versi goKampus yang bisa kamu coba loh Teknik Informatikanya. Apa aja ya?

1. London School Public Relations (LSPR)

Nah, LSPR merupakan kampus yang memang fokus banget untuk memberikan kurikulum pendidikan bagi para mahasiswanya nih. Ada beberapa alasan buat kamu kenapa harus memilih kuliah di LSPR, apa aja ya? Ini dia!

Yang pertama adalah LSPR merupakan perguruan tinggi komunikasi terbaik di Indonesia, kiprah LSPR di bidang komunikasi gak perlu kamu ragukan lagi karena LSPR juga mendapatkan banyak penghargaan di sebagai best of the best Indonesia School of Communication sejak 2014 dan 2015.

Yang kedua LSPR juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Coventry University (UK), European Business School (Germany), Hotel Institute Montreux (Switzerland), Sogang University (South Korea dan masih banyak lagi!

Yang ketiga, LSPR memiliki pilihan bidang studi yang prospektif dimana selain menawarkan program ilmu komunikasi, LSPR juga terkenal dengan program studi di fakultas bisnisnya yang memang menghasilkan berbagai lulusan yang siap berkarir di bidang entrepreneurship.

Masih ragu untuk bergabung menjadi mahasiswa di LSPR? Kunjungi halaman ini yuk untuk cari informasi mengenai LSPR!

2. Universitas Pelita Harapan (Group)

Universitas swasta terbaik versi goKampus yang kedua adalah UPH Group! Siapa sih yang gak kenal sama kampus swasta yang ini? Universitas Pelita Harapan atau yang biasa disebut sebagai UPH merupakan kampus swasta yang terkenal banget di Indonesia loh guys.

Kampus UPH memiliki tiga kampus yang berada di Jakarta, Medan, dan Surabaya, dan di ketiga kota ini, kampus UPH paling diminati oleh para pelajar! Kampus UPH juga menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk membantu kamu berkonsultasi soal karir di masa depan.

Jadi selain kamu fokus untuk belajar, kamu juga akan difokuskan untuk mencari koneksi nantinya. Selain akademik, kegiatan non-akademiknya juga gak kalah nih, berbagai fasilitas olahraga di UPH bisa dikatakan terbaik untuk menunjang kegiatan mahasiswa.

Yang gak kalah seru adalah di UPH gak ada masa orientasi mahasiswa, meskipun masa-masa ospek bisa menjadi kesan sendiri bagi mahasiswa, tapi di UPH ospeknya diganti dengan acara yang lebih edukatif dan informatif dibandingkan dengan perpeloncoan. Cek halaman ini buat cari tau informasi tentang UPH ya!

3. Universitas Tarumanagara (Untar)

Buat kamu semua calon mahasiswa baru yang ingin cari kampus bagus di Jakarta dan aksesnya mudah? Universitas Tarumanagara (Untar) bisa jadi salah satu pilihan utamamu nih! Sebagai universitas swasta terbaik yang ketiga versi goKampus, ini dia keunggulan dari Untar!

Yang pertama adalah Untar termasuk tiga besar universitas swasta terbaik di Jakarta loh, Universitas Tarumanagara mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 

Seluruh fakultas dan fasilitas di Untar sudah memadai banget nih guys, mulai dari gedung olahraga indoor sampai perpustakaan yang layak. Gak hanya itu, UNTAR juga termasuk 3 perguruan tinggi terbaik di Jakarta loh! Keren banget kan!

Yang kedua Untar memiliki 8 fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas teknik, fakultas teknologi informasi, fakultas kedokteran, fakultas psikologi, fakultas seni rupa dan desain, dan fakultas ilmu komunikasi. 

Yang ketiga, akses transportasi ke Untar termasuk mudah loh! Lokasi kampus Untar berada di lokasi strategis dan banyak akses untuk kendaraan umum seperti bus, angkutan kota, hingga busway. Kunjungi halaman ini untuk cari tau lebih lanjut ya!

4. Universitas Surabaya (Ubaya)

Untuk calon mahasiswa baru di Surabaya yang ingin mencari universitas swasta terbaik yang bisa menunjang proses pembelajaran, Universitas Surabaya lah jawabannya! Apa aja sih keunggulan dari Ubaya?

Yang pertama adalah Ubaya memiliki kualitas akreditasi A dan kredibilitas yang tinggi dalam pembelajarannya. Selain itu, Ubaya juga memiliki banyak fakultas yang bisa jadi pilihan buat para pelajar di Indonesia, bahkan jenjang pendidikannya dari S1-S3 ada loh di Ubaya.

Yang kedua adalah Ubaya juga memiliki banyak prestasi di kampus misalnya seperti dari segi non akademik bahkan sampai penghargaan green campus. 

Ubaya juga memiliki fasilitas kampus yang mendukung dan menunjang pembelajaran mahasiswanya. Ubaya memiliki tiga kampus yang memang dilengkapi dengan fasilitas keren yang berguna sesuai fungsinya, misalnya saja kampus tiga Ubaya yang ada d daerah Trawas juga dipusatkan sebagai sarana belajar outdoor.

Yang ketiga adalah Ubaya juga memiliki program belajar reguler dan internasional, kamu bisa berkesempatan untuk ikut program Study Abroad Programme, Double Degree Program, penelitian bersama, penulisan jurnal internasional, studi banding, dan lain-lainnya. Cari tau tentang Ubaya di halaman ini ya!

5. President University (PresUniv)

Universitas swasta terbaik yang kelima adalah President University. Dimana President University merupakan salah satu universitas di Indonesia yang terkenal dengan banyak anak-anak internasionalnya loh karena 100% menggunakan bahasa Inggris selama proses pembelajaran. 

Mahasiswa PresUniv banyak juga menerima mahasiswa dari luar negeri seperti China, Vietnam, Korea, dan lain-lainnya jadi bakal seru banget interaksi kamu bersama teman-teman kampus.

Selain itu, PresUniv juga memiliki program Double Degree karena kurikulum yang digunakan adalah standar internasional, sehingga kalau kamu menjadi lulusan mahasiswa PresUniv, kamu bisa memilih gelar sarjana atau Bachelor seperti lulusan luar negeri. Kunjungi halaman ini yuk!

Gimana? Sudah kebayang kan bagaimana jurusan Teknik Informatika dan prospek kerjanya? Klik halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like