Buat kamu para pejuang SNMPTN 2021, gimana nih kabarnya? Meskipun tahapan berbagai pendaftaran SNMPTN dan pengumumannya semakin dekat, tapi peluang untuk kamu berhasil masuk kampus melalui jalur undangan terbuka lebar loh! Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pendaftaran SNMPTN 2021, simak dulu yuk, apa sih SNMPTN itu?

1. Jalur Masuk PTN Tanpa Tes

SNMPTN merupakan jalur masuk PTN tanpa tes atau yang biasa dikenal dengan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK). Seluruh Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia mengundang siswa-siswi terbaik di sekolah untuk bisa masuk kuliah. 

2. Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online

Pendaftaran SNMPTN 2021 dilakukan secara online melalui halaman portal.itmpt.ac.id , setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun. Tahapannya dari pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa), pemeringkatan siswa oleh sekolah, pengumuman peserta yang eligible untuk mendaftar SNMPTN.

3. Penilaian Menurut Prestasi

Gak semua siswa bisa menjadi peserta SNMPTN, pastinya kamu akan diseleksi dari sekolah berdasarkan beberapa kriteria yaitu akreditas sekolah dan nilai rapor semester 1-5. 

Jumlah SMA dengan akreditasi A akan diberikan kuota sebanyak 40 persen siswa terbaik. Jumlah SMA dengan Akreditasi B akan diberikan kuota 25 persen siswa terbaik dan jumlah SMA dengan akreditasi C akan diberikan kuota 5 persen siswa terbaik. Penilaian berdasarkan prestasi meliputi nilai raport dari semester 1-5.

4. Mata Pelajaran Yang Dinilai

Mata pelajaran yang dinilai yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi untuk jurusan IPA. Untuk jurusan IPS yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Untuk jurusan Bahasa yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan bahasa asing lainnya. Sementara untuk mata pelajaran SMK yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta mata pelajaran teori dan praktik pada penjurusan masing-masing.

5. SNMPTN khusus untuk lulusan di tahun yang sama

Peserta yang diperbolehkan mengikuti SNMPTN adalah siswa-siswi yang lulus sekolah di tahun penyelenggaraan SNMPTN. Jadi, kalo SNMPTN 2021, maka hanya bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021.

Nah, untuk para peserta yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) harus melewati seleksi yang cukup dikenal nih yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat dengan SNMPTN.

Apa aja sih persyaratan yang dibutuhkan untuk daftar SNMPTN 2021? Cek artikel ini yuk!

Baca Juga : Cara Daftar SNMPTN 2021 Buat Calon Mahasiswa

A. Persyaratan SNMPTN 2021

1. Persyaratan Sekolah

  • SMA/MA/SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  • Ketentuan Akreditasi.
  • Akreditasi A: 40% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi B: 25% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya
  • Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

2.Persyaratan Peserta

  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  • Memiliki nilai raport semester 1 sampai semester 5 yang telah diisikan di PDSS dan peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

3. Pilihan Program Studi

  • Setiap siswa bisa memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.
  • Jika siswa memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, siswa dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun.
  • Disarankan untuk siswa agar tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).
instan approval 1jam diterima
instan approval 1jam diterima

B. Tahap Pendaftaran SNMPTN 2021

  1. Pengumuman kuota oleh LTMPT (bagi sekolah yang sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa)
  2. Registrasi akun LTMPT bagi sekolah (bagi sekolah yang belum memiliki akun LTMPT wajib registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Registrasi akun LTMPT bagi siswa (wajib bagi semua siswa kelas 12 melalui https://portal.ltmpt.ac.id)
  4. Sekolah menentukan calon peserta (berdasarkan data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-PUSDATIN Kemdikbud atau EMIS-Pendis Kemenag)
  5. Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)
  6. Melakukan pendaftaran SNMPTN.
  7. Memilih PTN dan Program Studi (Pendaftar hanya dapat memilih paling banyak 2 PTN).
  8. Pengunggahan portofolio (wajib bagi siswa yang memilih program studi bidang seni dan olahraga)
  9. Seleksi jalur SNMPTN (berdasarkan kriteria masing-masing PTN).
  10. Pengumuman hasil SNMPTN.
  11. Daftar ulang (sesuai dengan PTN dan sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima).

Terkait dengan pengumuman kuota akan dilakukan pada 28 Desember 2020. Layanan masa sanggah tentang kuota paling lambat hari Jumat, 15 Januari 2020 pukul 15.00 WIB.

C. Jadwal Kegiatan Daftar SNMPTN 2021

KegiatanWaktu
Peluncuran sistem PMB 20214 Januari 2021
Registrasi Akun LTMPT4 Januari 2021 – 1 Februari 2021
Registrasi Akun LTMPT4 Januari 2021- 1 Februari 2021
Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah4 Januari 2021- 1 Februari 2021
Pengisian PDSS11 Januari 2021 – 8 Februari 2021
Pendaftaran SNMPTN15-24 Februari 2021
Pengumuman Hasil SNMPTN22 Maret 2021

Nah, kalau misalnya saja kamu gak berhasil di jalur undangan atau SNMPTN, jangan putus asa dulu! Ada banyak cara loh untuk kamu tetap bisa masuk ke universitas swasta yang kamu inginkan dengan menggunakan aplikasi goKampus. Yuk cek daftar 3 kampus swasta terbaik versi goKampus!

1. PPM School of Management

PPM School of Management memiliki berbagai program unggulan khususnya di bidang bisnis, manajemen, dan entrepreneurship.

Sebagai salah satu institusi pendidikan yang memiliki program manajemen unggulan di Indonesia, PPM School of Management terus meningkatkan kualitas kampus melalui program-program yang berkualitas!

PPM School of Management juga merupakan salah satu sekolah tinggi terbaik dari 2.510 sekolah tinggi di Indonesia dengan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan akreditasi internasional ABEST21.

Untuk proses pembelajarannya pun juga gak kalah seru nih guys.. business incubator ini sengaja didesain oleh PPM School of Management seperti laboratorium untuk mahasiswa melakukan simulasi dan mempraktekkan seluruh ilmu manajemen bisnis yang sudah mereka pelajari sebelumnya.

Proses mata kuliah Entrepreneurship Business Incubator Activity ini dijalankan oleh mahasiswa dalam waktu tiga bulan.. Selama tiga bulan mahasiswa akan diminta untuk membuka usaha dan bisnis sendiri dengan didampingi oleh mentor.

Nah, setiap bulannya mentor kamu akan melakukan evaluasi dan memberikan masukan tentang bisnis yang sudah kamu jalankan. 

Para mahasiswa kampus ini juga gak akan dilepas gitu aja, mereka akan mendapatkan pendampingan langsung dari mentor-mentor bisnis yang akan memberikan mereka evaluasi dari praktek bisnis yang mereka jalankan.

Nah, program ini memang dikhususkan untuk melatih mahasiswa dalam keahlian manajemen dan etika bisnis secara luas di dunia kerja nantinya. Kunjungi halaman ini yuk untuk cari informasi tentang PPM.

2. London School Public Relations (LSPR)

LSPR merupakan perguruan tinggi komunikasi terbaik di Indonesia, kiprah LSPR di bidang komunikasi gak perlu kamu ragukan lagi karena LSPR juga mendapatkan banyak penghargaan di sebagai best of the best Indonesia School of Communication sejak 2014 dan 2015.

LSPR juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Coventry University (UK), European Business School (Germany), Hotel Institute Montreux (Switzerland), Sogang University (South Korea dan masih banyak lagi!

LSPR memiliki pilihan bidang studi yang prospektif dimana selain menawarkan program ilmu komunikasi, LSPR juga terkenal dengan program studi di fakultas bisnisnya yang memang menghasilkan berbagai lulusan yang siap berkarir di bidang entrepreneurship.

Dan yang terakhir yang paling terkenal adalah LSPR kampusnya para public figure, beberapa artis yang menghiasi hiburan tanah air seperti Prilly Latuconsina, Alyssa Soebandono, Ayushita, Sandra Dewi semuanya merupakan lulusan dari jurusan bergengsi di LSPR loh! Ada juga beberapa lulusan LSPR yang menjadi influencer di Indonesia seperti Rachel Vennya dan Paula Verhoeven. Masih ragu untuk bergabung menjadi mahasiswa di LSPR? Kunjungi halaman ini yuk untuk cari informasi mengenai LSPR!

3. President University

President University merupakan salah satu universitas di Indonesia yang terkenal dengan banyak anak-anak internasionalnya loh karena 100% menggunakan bahasa Inggris selama proses pembelajaran. 

Mahasiswa PresUniv banyak juga menerima mahasiswa dari luar negeri seperti China, Vietnam, Korea, dan lain-lainnya jadi bakal seru banget interaksi kamu bersama teman-teman kampus.

Selain itu, PresUniv juga memiliki program Double Degree karena kurikulum yang digunakan adalah standar internasional, sehingga kalau kamu menjadi lulusan mahasiswa PresUniv, kamu bisa memilih gelar sarjana atau Bachelor seperti lulusan luar negeri. Kunjungi halaman ini yuk!

Ayo cari informasi mengenai pendaftaran SNMPTN dan berbagai universitas yang bisa kamu daftarkan melalui aplikasi goKampus. Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like