Gak terasa nih sebentar lagi kita akan memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, buat kamu yang sudah lulus dari SMA, wah ini bakal jadi pengalaman pertama masuk ke dunia perkuliahan ya! Well, memasuki dunia perkuliahan memang selalu jadi hal yang paling ditunggu-tunggu nih, tapi apa kamu udah mencari kampus dan jurusan yang mau kamu ambil belum?

Salah satu persiapan yang paling ribet adalah memutuskan kamu ingin melanjutkan kuliah apa. Gak hanya mencari jurusan yang sesuai dengan minat dan keahlian kamu, tapi kamu juga harus meriset dan mencari tahu secara detail jurusan dan kamu paling oke yang sesuai sama kamu di Jakarta nih. Banyak banget loh cara-caranya, salah satunya adalah dengan mengikuti perkembangan dari proses pembelajarannya di aplikasi ataupun di media sosial mereka. 

Nah, menurutmu kamu udah tau belum ingin masuk ke jurusan apa? Kalau kamu suka dengan dunia keuangan, pembukuan,jurusan  akuntansi, dan segala jenis tentang perpajakan, kamu bisa mencari informasi tentang jurusan akuntansi di kampus impianmu nih.

Salah satu kampus yang memiliki program studi Akuntansi terbaik di Jakarta adalah Universitas Tarumanagara atau yang biasa disebut dengan UNTAR. Jurusan akuntansi UNTAR gak perlu kamu ragukan lagi nih guys.. Karena S1 jurusan akuntansi di UNTAR sudah berdiri sejak tahun 1972 dan sudah memulai menerima angkatan pertama pada tahun 1973 dibawah naungan fakultas ekonomi UNTAR. Penasaran apa aja sih yang akan kamu pelajari di jurusan akuntansi?

Jurusan akuntansi ini mempelajari materi yang terkait dengan metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna membantu perusahaan mengambil sebuah keputusan nih.

Baca Juga : Kenapa Sih Harus Daftar Kuliah di Untar?

Nah, meskipun Akuntansi memang terkenal dekat banget sama angka tapi seiring perkembangannya, jurusan akuntansi juga dipengaruhi oleh tingkah laku manusia loh! Banyak yang bilang kalau lulusan-lulusan Akuntansi juga terkenal sebagai pacar idaman loh, hmmm.. Katanya sih karena anak-anak lulusan dari jurusan akuntansi sangat detail dan perhatian loh!

Kira-kira jurusan akuntansi belajar apa aja ya saat di kelas? Untuk jurusan akuntansi di semester pertama, kamu akan banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan sama laporan keuangan.

Nah, selama 4 tahun kamu akan belajar dasar-dasar membuat laporan keuangan seperti dari bagaimana caranya membuat laporan keuangan yang sesuai sama standar masing-masing perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan, menilai standar kelayakan usaha melalui laporan keuangan, bahkan kamu bisa menerawang dan menilai prospek kedepannya.

Gak cuman itu guys, kamu juga secara sederhana akan belajar bagaimana cara melihat dan mempelajari apakah laporan keuangan itu dapat dikatakan layak atau gak.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan Akuntansi antara lain adalah akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, analisis laporan keuangan, perpajakan, pengauditan, sistem informasi akuntansi, akuntansi sektor publik, akuntansi pemerintahan,dan masih banyak lagi nih.

kelihatannya sulit ya? Sebenarnya gak juga loh, bahkan bisa dikatakan peminat jurusan akuntansi ini sangat banyak dan selalu bertambah dari pelajar-pelajar di Indonesia. Bahkan banyak banget yang menganggap bahwa jurusan ini adalah jurusan primadona bagi para pelajar di Indonesia. Nah, kamu termasuk yang ingin bergabung menjadi primadona gak di jurusan akuntansi ini?

Selain kamu mencari tau tentang apa aja mata kuliah yang akan kamu pelajari, kamu juga harus tau nih kira-kira sebagai calon mahasiswa jurusan akuntansi, apa aja sih pengetahuan dan keterampilan yang harus kita miliki?

1. Kemampuan mengelola keuangan

Keterampilan pertama yang harus kamu miliki adalah kemampuan untuk mengelola keuangan nih, karena saat kamu menjadi mahasiswa akuntansi kamu harus aktif dan terbiasa dengan masalah keuangan yang ada, dan kamu harus mencari tau gimana cara mengatasinya. Skill problem solving atau memecahkan masalah juga sangat penting untuk kamu tekuni dan pelajari nih jika kamu merupakan bagian dari mahasiswa akuntansi.

2. Kemampuan menyajikan laporan keuangan

Kemampuan kedua adalah kamu harus bisa menyajikan laporan keuangan secara akurat dan bisa mempresentasikannya dengan baik. Kemampuan ini bisa kamu pelajari semenjak dini loh. Contohnya kamu bisa mempraktekkan dan membuat laporan pengeluaranmu selama sebulan saat sekolah, dan kamu bisa berpura-pura mempresentasikannya di depan keluargamu atau sekedar untuk konsumsi pribadimu.

3. Kemampuan melakukan analisis laporan keuangan

Kemampuan melakukan analisis laporan keuangan ini juga perlu kamu pelajari loh. Kemampuan analisis ini biasanya sangat dibutuhkan kalo kamu harus melakukan presentasi tentang laporan keuangan sebuah perusahaan.

Nah, jika kamu bercita-cita ingin menjadi akuntan profesional, kamu bisa melanjutkan pendidikan profesi akuntan setelah kamu lulus S1 nih, kamu juga bisa banget mengambil program sertifikasi untuk meningkatkan berbagai kemampuan dan keahlianmu. Misalnya aja dengan mengambil Certified Public Accountant (CPA) atau Certified Management Accountant (CMA).

4. Kemampuan menilai laporan keuangan

Nah, gak semua orang nih bisa paham dan mengerti bagaimana caranya menilai laporan keuangan sih? Yang pasti adalah kamu harus mengerti dan memahami dulu nih bagian-bagian dari laporan keuangan yang ada di perusahaan, misalnya aja dari laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dan laporan-laporan keuangan lainnya,

karena nantinya kemampuan menilai laporan keuanganmu ini bisa membantumu untuk melihat apakah perusahaan yang kamu pegang sedang berada dalam kondisi stabil atau gak. 

5. Kemampuan membuat rekomendasi

Nah, biasanya kamu akan diminta untuk membuat rekomendasi tentang suatu hal berdasarkan analisis yang kamu kerjakan. Kalo misalnya kita main catur, pasti akan ada strategi yang paling oke kan untuk memenangkan pertandingan, nah biasanya kamu akan diminta rekomendasi strategi nih tentang hal-hal yang biasanya jadi prioritas perusahaan di bagian keuangan. Bisa jadi kamu adalah salah satu bagian tim yang dipercaya oleh perusahaan untuk memegang kendali penting tentang strategi perusahaan nih.

6. Teliti dalam menghitung

Nah, kemampuan yang terakhir ini perlu banget untuk kamu pelajari dan pegang selamanya nih, anak akuntansi gak bakal ada kalo skill yang ini gak bisa terpenuhi. Karena kemampuan untuk selalu teliti dalam menghitung ini sangat kamu perlukan loh!

Gimana menurutmu? Udah siap belum bergabung jadi salah satu mahasiswa jurusan akuntansi UNTAR? Kira-kira informasi tentang jurusan akuntansi ini sudah cukup membantu belum untuk mempertimbangkan kamu menjadi bagian dari mahasiswa jurusan akuntansi UNTAR?

Yuk, klik halaman UNTAR untuk mencari informasi lebih lanjut seputar jurusan akuntansi yang ada di UNTAR. Jangan lupa juga untuk konsultasikan persoalan kampusmu bersama goKampus.

Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like