prospek kerja sistem informasi
Beasiswa Daftar Kuliah Event FAQ goKampus Tips Mahasiswa

12 Jurusan Kuliah IPS Favorit Pelajar

Buat anak-anak kelas 12 IPS mana suaranya? Anak-anak IPS yang terkenal dengan cinta hapalan tapi gak cinta rumus, pada galau gak sih milih jurusan kuliah IPS? Kira-kira apa aja sih jurusan kuliah IPS yang cocok buat kamu? Nah, goKampus akan kasih tau kamu daftar jurusan kuliah IPS buat kamu jadikan referensi ya!

1. Jurusan Sastra

Jurusan kuliah IPS yang pertama adalah jurusan sastra nih guys.. Kalau kamu senang belajar bahasa baru, jurusan sastra adalah pilihan yang cocok untuk jurusan kuliah IPS. Gak cuma belajar bahasa Inggris aja, tapi kamu akan belajar Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain sebagainya. Kamu tinggal pilih aja sastra mana yang paling sesuai dengan minatmu. Selain itu, jurusan sastra juga memiliki prospek kerja yang luas yang bisa kamu kembangkan di berbagai bidang seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan sampai kerja di Kedutaan Besar. Wah.. keren banget kan?

2. Jurusan Psikologi

Jurusan kuliah IPS yang kedua adalah jurusan Psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia nih. Gak jarang kalau kamu dianggap sebagai cenayang karena kamu bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Nah, untuk prospek kerja jurusan psikologi pun bisa beragam, kamu bisa bekerja sebagai HRD, peneliti, maupun jadi psikolog loh!

3. Jurusan Hubungan Internasional

Nah, jurusan kuliah IPS yang ketiga ini termasuk jurusan kuliah IPS yang paling bergengsi nih! Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya. Nantinya mahasiswa lulusan Hubungan Internasional biasanya akan banyak bekerja sebagai pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi Kementerian Luar Negeri. Buat kamu yang suka dengan politik luar negeri, bisa nih jurusan HI jadi pilihan utama!

4. Jurusan Bisnis dan Manajemen

Buat kamu yang pengen jadi entrepreneur atau pebisnis sukses? Jurusan bisnis dan manajemen ini cocok banget buat kamu! Jurusan kuliah IPS ini selalu saja ramai peminatnya karena prospek karir kedepannya bisa dibilang cemerlang banget nih. Buat kamu yang suka banget belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya, kamu bisa menekuni jurusan bisnis dan manajemen. Selain itu, kamu bisa merintis karir di banyak bidang nih seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

5. Jurusan Jurnalistik

Buat yang pengen jadi penyiar atau kerja di stasiun TV? Jurusan kuliah IPS yang satu ini cocok banget buat kamu tekuni! Program studi jurnalistik ini akan membantu mengasah seluruh pemikiran kamu, gak hanya menjadi lebih kritis secara pemikiran, tapi kamu juga akan mendalami ilmu penulisan, public speaking, dan juga pemecahan masalah. Saat lulus menjadi mahasiswa jurnalistik nanti, kamu juga bisa menjalani berbagai profesi seperti wartawan TV, koran, atau radio, editor media, konten kreator, analisis media, peneliti, dan profesi-profesi lainnya.

Baca Juga : 12 Jurusan Kuliah IPA Terbaik Untuk Pelajar

6. Jurusan Ilmu Politik

Ada yang pengen jadi anggota DPR? Jurusan kuliah IPS yang satu ini cocok buat kamu yang pengen jadi anggota parlemen. Ilmu politik adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti sosiologi, antropologi, Hak Asasi Manusia (HAM), bahkan kamu akan mendalami sistem politik luar negeri loh! Meskipun terdengar berat, tapi peluang karir yang ada di jurusan ilmu politik ini gak hanya membawa kamu jadi politikus aja, tapi kamu bisa mengembangkan minat dan bakat kamu menjadi analisis politik, dosen, peneliti, pengamat politik, bahkan berkarya di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

7. Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan kuliah IPS yang ketujuh adalah ilmu Hukum nih.. Ilmu Hukum merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang dan familiar. Gak heran nih, kalo jurusan ilmu Hukum punya banyak banget peminatnya. Di Ilmu Hukum, kamu akan belajar dasar-dasar ilmu hukum seperti hukum pidana dan perdata, hukum pajak, hukum internasional, filsafat hukum, hukum dagang, dan lain-lainnya.

8. Jurusan Sosiologi

Jurusan kuliah IPS yang ke 8 adalah ilmu sosiologi nih.. Ilmu sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara satu orang dengan yang lainnya serta bagaimana sebuah struktur sosial terbentuk di dalam masyarakat. Buat kamu yang suka banget dengan kondisi atau fenomena sosial yang sedang terjadi di masyarakat, jurusan ini cocok buat kamu. Setelah kamu lulus sebagai mahasiswa sosiologi, pastinya kamu akan lebih banyak mendedikasikan diri untuk membantu masyarakat, seperti dosen atau peneliti, bergabung dengan lembaga-lembaga sosial, dan profesi lain yang berkaitan dengan pembangunan sosial.

9. Jurusan Broadcasting

Jurusan kuliah IPS yang satu ini akan familiar banget sama kamu, karena jurusan ini berkaitan erat dengan dunia penyiaran atau media yang kita konsumsi sehari-hari yaitu TV, radio, dan media online nih. Nah, di prodi broadcasting kamu akan belajar bagaimana tugas-tugas di balik layar sampai memproduksi sebuah konten. Setelah lulus nanti kamu juga punya kesempatan untuk bekerja di industri penyiaran, misalnya seperti penyiar, presenter, tim kreatif, reporter, produser, bahkan sutradara. Hmm.. menarik kan?

 10. Jurusan Administrasi Fiskal

Pernah dengar jurusan kuliah IPS yang satu ini gak? Kedengarannya memang gak terlalu familiar dibandingkan dengan jurusan kuliah IPS lainnya kan? tapi , kalau kamu tertarik untuk belajar mengenai seluk beluk pengelolaan aset dan keuangan negara, jurusan ini tepat banget buat kamu! Di jurusan administrasi fiskal, kamu akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan tata kelola kekayaan suatu negara termasuk tentang perpajakan dan kebijakan fiskal. Wah.. wah rumit ya? Sabar dulu! Untuk prospek karir Administrasi Fiskal juga cukup luas loh, kamu bisa bekerja sebagai dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, PNS, dan berbagai profesi lain untuk kamu. Sudah dipastikan deh jurusan kuliah IPS satu ini akan menjanjikan banget!

11. Jurusan Manajemen Perhotelan

Buat kamu yang suka dengan bahasa inggris dan mau berkarir di bidang pariwisata/perhotelan bisa banget ambil jurusan manajemen perhotelan guys! Di jurusan ini, kamu akan belajar dan mengembangkan keterampilan di bidang perhotelan. Di jurusan ini kamu akan belajar segala hal tentang perencanaan, pengelolaan, manajemen, sampai pengawasan akomodasi. Nah, untuk prospek kerjanya kamu gak perlu khawatir, karena karir jurusan manajemen perhotelan terbuka luas, seperti perencana meeting, manajer hotel, food service manager, manager penginapan, kepala koki, dan lain-lainnya.

12. Jurusan Filsafat

Jurusan kuliah IPS yang terakhir ini banyak banget yang membuat kita berkata “WOW”, karena ilmu Filsafat terkesan sangat sulit dan membuat kamu merasa seperti Aristoteles. Tapi, ilmu Filsafat sebenarnya gak semengerikan itu loh guys. Ilmu Filsafat mempelajari tentang sifat dasar manusia dan hubungannya dengan realitas di masyarakat. Nah, permasalahannya ini juga meliputi tentang moralitas, tujuan hidup, hati nurani, dan esensi tentang kemanusiaan.

Di ilmu Filsafat, kamu akan mempelajari tentang Hak Asasi Manusia (HAM), paradigma feminis, teologi, dan lain-lainnya. Yang menarik adalah saat kamu kuliah di ilmu filsafat, kamu akan dituntut untuk belajar berpikir jernih tanpa mengesampingkan kebenaran di setiap ilmu pengetahuan. Lulusan sarjana Filsafat juga bisa bekerja menjadi pengamat, konselor, psikoterapis, jurnalis, bahkan sampai pejabat di pemerintahan. Gimana? Seru kan?

Ini dia 12 jurusan kuliah IPS terbaik yang cocok banget buat kamu yang masih galau untuk memilih jurusan, kamu juga bisa cek nih berbagai universitas yang ada di aplikasi goKampus di dalam maupun luar negeri yang sesuai sama jurusan kuliah diatas! Konsultasikan saja semua persoalan tentang perkuliahanmu bersama goKampus!

Semoga artikel dari goKampus menjawab kegalauan kamu ya! jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *