tips belajar
Daftar Kuliah Event goKampus Tips Mahasiswa

12 Jurusan Kuliah IPA Terbaik Untuk Pelajar

Memilih jurusan kuliah IPA untuk anak kelas 12 gak akan pernah mudah, apalagi udah masanya pendaftaran kuliah? Wah pasti bakal pusing banget ya! Buat kamu anak kelas 12 SMA yang masih bingung ada apa aja sih jurusan kuliah IPA? Kira-kira ada yang cocok gak ya? Nah, goKampus akan kasih tau kamu daftar jurusan kuliah IPA buat referensi kamu ya!

1. Pendidikan Kedokteran

Daftar jurusan kuliah IPA yang pertama ini adalah jurusan paling penting dan terkenal banget nih guys.. Mahasiswa jurusan Kedokteran mempelajari tentang berbagai penyakit serta bagaimana cara-cara penyembuhannya. Pada dasarnya saat jadi mahasiswa, kamu akan mendalami tentang bagian tubuh manusia, jenis-jenis penyakit, dan pengobatan yang ada. Jika kamu mengambil pendidikan Kedokteran, kamu bisa menjadi dokter umum, dokter anak, dokter kandungan, dokter gigi, dan masih banyak lagi!

2. Ilmu Gizi

Jurusan kuliah IPA yang kedua adalah Ilmu Gizi. Ilmu Gizi juga cukup terkenal di jurusan kuliah IPA nih. Buat kamu yang suka banget dengan pelajaran kimia atau biologi, Ilmu Gizi cocok banget buat kamu. Ilmu Gizi mempelajari tentang keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan, serta kualitas tubuh manusia. Ilmu Gizi juga mempelajari soal ekonomi, sosial, hingga budaya. Kalo kamu adalah lulusan dari mahasiswa Ilmu Gizi, pastinya kamu akan fokus bekerja di bidang ahli diet dan nutrisi, atau hal-hal yang berhubungan dengan produksi makanan.

3. Farmasi

Jurusan kuliah IPA yang ketiga adalah Farmasi, Farmasi merupakan jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa yang belajar di jurusan Farmasi pasti akan mendalami dan mengenali struktur senyawa obat dan bagaimana cara mengolahnya untuk bisa menjadi bahan yang aman untuk dikonsumsi. Mahasiswa lulusan Farmasi diharapkan bisa menjadi ahli dalam membuat, meracik, mengidentifikasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang bisa memenuhi standar kualitas. Biasanya prospek kerja lulusan Farmasi adalah menjadi apoteker, spesialis Kimia, dan lain-lain.

4. Teknologi Pangan

Jurusan kuliah IPA yang keempat juga cukup terkenal nih guys yaitu program studi Teknologi Pangan. Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana efek sosial dan makanan yang kita konsumsi termasuk bagaimana makanan bisa mempengaruhi budaya kita. Jurusan kuliah IPA ini cocok banget buat kamu yang suka pelajaran kimia dan biologi.

5. Ilmu Astronomi

Sebagai mahasiswa Ilmu Astronomi, kamu akan mempelajari berbagai benda-benda atau objek di langit. Jurusan kuliah IPA yang satu ini akan memperkenalkan kamu dengan struktur serta sifat fisik tentang alam semesta dan isinya. Pastinya, ilmu sangat menyenangkan dan seru banget nih. Meskipun prospek karirnya jarang terdengar, tapi kamu bisa bekerja sebagai Astronom, peneliti atmosfer dan luar angkasa, Ilmu Bumi, Ilmu kelautan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Belajar Memahami Orang Lewat Ilmu Psikologi

6. Statistika

Jurusan kuliah IPA yang keenam adalah ilmu statistika. Apa sih statistika itu? Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data dimulai dari merencanakan, mengumpulkan, melakukan analisis, menginterpretasikan hingga mempresentasikan sebuah data. Jika kamu bergabung menjadi mahasiswa di jurusan statistika, kamu pasti akan sangat familiar dengan data-data nih guys. Prospek kerjanya pun juga luas banget, kamu bisa bekerja menjadi peneliti survei, ahli statistik, aktuaria, dan masih banyak lagi. Gimana? Jurusan kuliah IPA yang ini seru banget kan?

7. Bioteknologi

Nah, pasti kamu udah gak terlalu asing dengan jurusan kuliah IPA yang satu ini guys. Bioteknologi merupakan cabang dari Ilmu Biologi yang mempelajari teknologi tentang pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk. Kalo kamu adalah mahasiswa jurusan Bioteknologi, kamu akan familiar dengan penerapan ilmu bioteknologi yang terdiri dari teknik fermentasi, analisa mikroorganisme, teknologi enzim, dan lain-lainnya.

8. Ilmu Kehutanan

Jurusan kuliah IPA yang satu ini juga banyak diminati oleh para pelajar di Indonesia loh. Emangnya Ilmu Kehutanan kamu belajar apa sih? Di hutan? Ya engga dong! Sebagai mahasiswa Ilmu Kehutanan, kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berkaitan tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, ilmu tanah, sampai manajemen hasil hutan itu sendiri. Bahkan, Ilmu Kehutanan juga berkaitan erat dengan pelestarian hutan, rehabilitasi hutan, serta perlindungan hutan. Tuh, apalagi di Indonesia nih yang pelestarian hutannya sangat diperhatikan.

Jurusan kuliah IPA ini akan cocok banget buat kamu! Untuk prospek kerjanya kamu gak perlu bingung, setelah lulus Ilmu Kehutanan, kamu bisa bekerja sebagai spesialis konservasi alam, konsultan lingkungan, ahli konservasi hutan, ataupun pengawas hutan. Gimana? Seru banget kan?

9.Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri ini terkenal banget dengan jurusan teknik yang “gak teknik-teknik banget”, tapi buat kamu anak-anak SMA jurusan IPA yang mungkin masih galau apa saja jurusan kuliah yang oke, jurusan Teknik Industri bisa menjadi pilihan utama untuk memulai karir di dunia perkuliahan loh! Jurusan Teknik Industri sangat pas buat kamu yang suka dengan pelajaran fisika, karena di Teknik Industri kamu akan belajar hal-hal mengenai perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem.

10. Biokimia

Biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan bagaimana proses yang sedang berlangsung di dalam makhluk hidup. Jadi, Ilmu Biokimia juga mempelajari berbagai proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, ilmu Biokimia ini juga mempelajari berbagai proses yang ada di reaksi kimia nih. Jurusan kuliah IPA ini cocok banget untuk kamu yang suka pelajaran biologi, dan kimia deh! Siapa yang nilai biologi dan kimianya paling tinggi disini? Langsung aja daftar jurusan biokimia ya. Prospek karirnya pun juga luas loh, kamu bisa menjadi peneliti bioinformatika, ahli biologi molekul, ahli biokimia, dan ahli biofisika.

11. Teknik Mesin

Kalau mendengar jurusan teknik mesin, pasti yang terpikir oleh kamu adalah jurusan yang isinya hanya mempelajari tentang mesin mobil atau motor kan? Itu gak salah sih. Tapi, teknik mesin mempunyai cakupan ilmu yang luas. Kalo kamu adalah mahasiswa jurusan teknik mesin, kamu akan mendalami dan mempelajari segala yang berkaitan dengan buatan manusia yang memiliki kemampuan untuk bergerak dan digerakkan. Nah loh bingung kan? Intinya adalah kamu akan mempelajari segala hal seperti pesawat terbang, mobil, motor, robot, sepeda, bahkan kapal laut. 

Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai konversi energi seperti motor bakar, sistem termal, dan kamu juga akan diajarkan untuk merancang suatu mesin yang efisien, dimulai dari menggambar tekniknya, simulasinya, bahkan sampai pembuatan prototype mesin tersebut.

12. Teknik Sipil

Emang ada jurusan kuliah yang fokus ke urusan “bangun-membangun”? Teknik Sipil jawabannya! Jurusan Teknik Sipil ini cocok banget buat kamu yang SMA nya dari jurusan IPA, karena di jurusan Teknik Sipil, kamu gak hanya fokus untuk pembuatan bangunan saja, tapi kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya memilih material yang cocok, mengatur sumber daya air, hingga merancang desain konstruksi.

Sebagai mahasiswa sarjana Teknik Sipil, kamu juga akan diberikan tanggung jawab yang besar untuk menjadi manajer konstruksi yang bertugas untuk mengawasi aktivitas dan kinerja seluruh orang yang terlibat. 

Ini dia 12 jurusan kuliah IPA terbaik yang cocok banget buat kamu yang masih galau untuk memilih jurusan, kamu juga bisa cek nih berbagai universitas yang ada di aplikasi goKampus di dalam maupun luar negeri yang sesuai sama jurusan kuliah diatas! Konsultasikan saja semua persoalan tentang perkuliahanmu bersama goKampus!

Semoga artikel dari goKampus menjawab kegalauan kamu ya! jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *