Untuk para calon mahasiswa baru yang sedang mengambil ancang-ancang untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai, mungkin kamu masih bingung kira-kira jurusan kuliah terbaik itu apa aja ya? Padahal sudah mempersiapkan segala hal seperti tes minat bakat untuk menentukan jurusan, sudah melakukan riset mendalam mencari kampus yang diinginkan tapi kok rasanya masih kurang ya untuk mendapatkan penjelasan jurusan kuliah terbaik yang ada di Indonesia dan paling diminati oleh mahasiswa baru.

Tenang.. Jangan bingung dulu! goKampus akan kasih tau kamu 10 daftar jurusan terbaik versi goKampus nih. Siapatau ada jurusan yang cocok dengan kemampuan dan skill kamu!

1. Program Studi Kedokteran

Jurusan kuliah terbaik nomor satu adalah program studi kedokteran. Mungkin kamu sudah gak asing lagi kan prodi yang setiap tahun peminatnya selalu saja bertambah. Di prodi kedokteran ini, kamu akan mempelajari berbagai ilmu medis, tentang memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit. Nah, buat kamu yang mempelajari ilmu kedokteran ini, kamu bisa memahami anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi di dalam tubuh manusia nih mulai dari oto, indera, saraf, dan bagian-bagian lainnya.

Di program studi kedokteran biasanya memang dikhususkan untuk anak-anak yang mengambil jurusan IPA karena sudah belajar dasar-dasar tentang pelajaran IPA, jadi saat kamu kuliah di program studi kedokteran, kamu tinggal melanjutkan saja tentang dasar-dasar pelajaran IPA.

2. Teknologi Informatika

Jurusan kuliah terbaik yang kedua adalah jurusan teknologi informatika khususnya di era digital saat ini. Teknologi informatika merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan, biasanya gak bisa dipisahkan dari segala aspek kehidupan termasuk sosial, ekonomi, dan bahkan politik. Nah, di program studi teknologi informatika, kamu akan banyak mempelajari komponen-komponen penting di dunia teknologi seperti software, jaringan, dan penerapan teknologi lainnya.

3. Teknik Industri

Nah, jurusan kuliah terbaik yang satu ini sih memang selalu banyak banget peminatnya loh. Kalo kata orang-orang sih julukan untuk teknik industri ini adalah “jurusan teknik yang gak teknik-teknik banget” karena ilmu teknik ini juga banyak membahas dan mempelajari tentang manajemen. Program studi teknik industri ini adalah turunan dari teknik mesin, sehingga kamu akan mempelajari ilmu seperti matematika, fisika, dan manajemen.

Teknik industri ini juga memiliki fokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan dari sistem yang terintegrasi yang membutuhkan bantuan manusia, peralatan, juga energi. Nah biasanya teknik industri juga dibagi menjadi tiga bidang besar seperti sistem manufaktur yang mempelajari tentang peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi.

Yang kedua adalah manajemen industri dimana meskipun kamu jurusan teknik industri, kamu akan fokus untuk mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan, dan pengendalian produksi. Yang ketiga yang akan kamu pelajari adalah sistem industri dan ekonomi. Jadi, program studi ilmu teknik industri ini lengkap dan komprehensif banget loh guys!

4. Teknik Elektro

Teknik elektro ini merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat listrik. Teknik elektro bisa dibilang menjadi salah satu jurusan kuliah terbaik karena peminat di jurusan teknik elektro ini selalu tinggi dan berkembang setiap tahunnya, bahkan berbagai lulusannya dari teknik elektro pun juga mendominasi perusahaan-perusahaan besar. Program studi teknik elektro pun juga memiliki cakupan yang sangat luas, dimulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : 8 Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah Untuk Calon Maba

5. Program Studi Manajemen

Jurusan kuliah terbaik yang kelima adalah program studi manajemen, dimana jurusan manajemen mempelajari tentang bagaimana mengelola suatu perusahaan atau sebuah organisasi. Nah, manajemen ini juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi tapi kamu akan diajak untuk lebih berfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur semua proses di sebuah manajemen perusahaan untuk mencapai tujuan.

6. Teknik Sipil

Jurusan kuliah terbaik yang keenam adalah teknik sipil. Nah guys, teknik sipil ini juga peminatnya banyak banget loh. Di program studi teknik sipil, kamu akan memahami berbagai proses merancang, membangun, serta merenovasi sebuah infrastruktur. Infrastruktur itu ada bermacam-macam, gak hanya jembatan, atau gedung, tapi jalan hingga bendungan juga termasuk.

Biasanya saat kamu belajar tentang teknik sipil, kamu juga akan mempelajari dasar-dasar tentang rancangan arsitektur. Kamu juga akan memahami bagaimana perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien. Bisa dikatakan ilmu teknik sipil ini selalu berkembang sejalan dengan kebutuhan dan pergerakan manusia.

7. Akuntansi

Program studi Akuntansi adalah sebuah program studi yang menyiapkan mahasiswanya agar bisa mempraktekkan dan menjalankan fungsi bisnis terkait termasuk menerapkan prinsip akuntansi dan teorinya, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak.

Ilmu akuntansi juga bisa diaplikasikan di berbagai instansi bisnis baik yang bersifat profit, non-profit, maupun pemerintahan. Yang pasti adalah ilmu akuntansi ini selalu ada di setiap kehidupan manusia dan dibutuhkan terus di berbagai perusahaan. Jadi, setiap tahunnya peminat calon mahasiswa baru yang masuk di program jurusan akuntansi selalu bertambah peminatnya.

8. Program Hubungan Internasional

Jurusan kuliah terbaik yang kedelapan adalah program Hubungan Internasional (HI) yang menekankan tentang komunikasi soal interaksi, relasi, dan komunikasi yang terjalin secara internasional. Nah, jurusan ini termasuk favorit juga nih buat calon mahasiswa baru. Beberapa kajian yang dipelajari dalam prodi ini adalah diplomasi dan negosiasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, politik internasional,hukum internasional, dan hubungan komunikasi lain-lainnya. 

Di program studi Hubungan Internasional ini kamu juga akan diasah untuk memahami berbagai isu-isu global, mengenal tokoh-tokoh, dan organisasi internasional yang berpengaruh, serta kerjasama internasional. Kamu juga akan belajar tentang dinamika dan hukum di kawasan berbagai negara di dunia.

9. Ilmu Komunikasi

Program studi Ilmu Komunikasi seperti jurnalistik, penyiaran, public relation, komunikasi, dan lain-lainnya juga menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru nih. Di program studi ini, kamu akan diajarkan tentang gimana sih prosesnya kamu menyampaikan pesan agar pesannya menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju.

Di program studi ilmu komunikasi, kamu juga akan bertemu dengan para dosen praktisi yang ahli dan profesional di bidangnya. Jadi, buat kamu yang senang banget dengan ilmu komunikasi yang bersifat lebih general pasti cocok banget deh kuliah di jurusan jurnalistik ini.

10. Program studi Ilmu Hukum

Jurusan kuliah terbaik yang terakhir ini adalah program studi ilmu hukum dimana kamu akan mempelajari tentang segala sesuatu tentang hukum baik praktek maupun teorinya. Ilmu Hukum belajar tentang konsep dan teori tentang hukum di perundang-undangan dalam negeri maupun hukum luar negeri.

Gimana nih menurutmu tentang 10 jurusan kuliah terbaik versi goKampus? Kunjungi halaman ini yuk untuk cari tau lebih lanjut tentang dunia perkuliahan. 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like